PROFESIONAL,SINERGI,DAN MILITAN


PENCARIAN ORANG HANYUT DI SUNGAI BOLANGO


Kantor SAR Gorontalo -- Sungai Bolango kembali menelan korban. Pada hari Jumat 23 Agustus 2013 pukul 15.00 WITA Kantor SAR Gorontalo menerima berita dari Hendrik (Kabid Kedaruratan BPBD Kota Gorontalo) tentang anak hanyut di Sungai Bolango atas nama Yuni Lasena umur warga Kelurahan Tenda Kec. Hulonthalangi Kota Gorontalo. Diduga korban tenggelam di Sungai Bolango pada pukul 14.30 WITA ketika sedang bermain di tepi sungai bersama kawan-kawannya.

Kepala Kantor SAR Gorontalo, Sukarta, S.E langsung memerintahkan Tim Rescue Kantor SAR Gorontalo yang dipimpin oleh Kasubsie Operasi, Saktianto langsung menuju lokasi pada posisi koordinat 0°31'43.33" U - 123° 3'25.47" T untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban. Tim Rescue Kantor SAR Gorontalo bersama dengan potensi SAR lainnya antara lain : BPBD Kota Gorontalo, Ditpolair Polda Gorontalo, Ditsabhara Polda Gorontalo, Satsabhara Polres Gorontalo Kota, Tagana dan masyarakat setempat membentuk Tim SAR Gabungan untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap Yuni Lasena.

Pencarian dilakukan dengan membagi tim menjadi dua. Satu tim melakukan penyisiran manual, Tim SAR turun langsung di sungai menggunakan life jacket dan menyusuri sungai mulai dari lokasi kejadian sampai ke muara Sungai Bolango. Tim lainnya menggunakan perahu karet dengan mengyusuri sungai mulai dari muara Sungai Bolango sampai ke lokasi kejadian.

Pencarian hari pertama dihentikan sementara pada tanggal 23 Agustus 2013 pukul 17.30 WITA karena hari sudah mulai gelap dengan pertimbangan pencarian sudah tidak efektif lagi dilakukan pda malam hari.

Lanjutan pencarian hari kedua dimulai pada hari Sabtu 24 Agustus 2013 pukul 07.00 WITA, Tim SAR terus berupaya melakukan pencarian korban demi kemanusiaan dan akhirnya korban Yuni Lasena ditemukan pada pukul 07.50 WITA dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban langsung dievakuasi ke rumah keluarga besarnya di Desa Iluta Kec. Batudaa Kab. Gorontalo dan langsung diserahterimakan kepada keluarga. Korban disemayamkan di rumah duka di Desa Iluta Kec. Batudaa Kab. Gorontalo.

Dengan diserahkannya korban ke pihak keluarga maka Operasi pencarian terhadap Yuni Lasena dinyatakan selesai. Seluruh unsur dikembalikan ke instansi masing-masing disertai ucapan terima kasih.



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
24 August 8:13 WIB